Rabu, 23 Juli 2008

Info Seputar Linux: MS Office 2007 dan OpenOffice.org

Assalamu 'alaikum wrwb.,
Bismillahirrahmaanirrahiim,

Sudah banyak orang tahu bahwa saat ini telah beredar aplikasi perkantoran yang mulai banyak digandrungi seperti Microsoft Office, OpenOffice.org dan StarOffice.

Orang masih agak takut untuk menggunakan alternatif lain atau berpindah situasi karena akan mengubah kebiasaan. Contohnya adalah penggunaan aplikasi perkantoran.

Sekedar informasi.
Saat ini telah hadir dan banyak digunakan MS Office 2007 di kalangan akademik, pebisnis dan sebagainya sebagai alat bantu mensukseskan proses bisnisnya.

Apa yang menarik dari Office 2007? Beberapa hal yang menarik di antaranya adalah tampilan grafis, animasi yang ditawarkan, efek 3D, sehingga membuat pengguna merasakan setiap tulisannya terasa seperti buatan profesional :)

Sementara, para pengguna yang sudah terlanjur dengan aplikasi lain atau baru mau bermigrasi masih sedikit ragu2 untuk melanjutkan niatnya menggunakan aplikasi alternatif. Kebanyakan mereka takut dan bertanya:
"Bisa gak yach kalau saya pakai StarOffice atau OpenOffice membuka file2
Microsoft Office 2007?"
"Kalau pun bisa dibuka, apakah rusak atau tidak yach formatnya?"
"Kalau pun bisa dibuka, apakah berubah?"

Tanya kenapa? Tanya Uncle Google? Tanya Tante Wiki? :)

Mudah2an kendala2 tersebut saat ini sedikit dapat berkurang dikarenakan telah banyak sistem operasi alternatif yang Opensource dan costless dapat digunakan, seperti Linux dengan membawa paket2 aplikasi yang tidak kalah dengan yang ada di Windows maupun Mac.

Bagi pengguna atau calon pengguna OpenOffice.org, kendati untuk versi Ooo 2.4 dan candidate 2.5 juga sudah mensupport format Microsoft Office 2007, apa salahnya jika ditambah plugins ODF Converter Integrator. Apa itu ODF Converter Integrator? Berikut saya cuplikan sedikit ringkasan mengenai project tersebut dari situs http://katana.oooninja.com/w/odf-converter-integrator :

/** Start of Abstract

Convert Office 2007 (OOXML) files for OpenOffice.org A utility to convert Microsoft Office 2007 (Office Open XML) files and automatically start OpenOffice.org. Registers file types and mime types such as .docx, .xlsx, and .pptx so that Nautilus, Firefox, and other programs automatically recognize them.

odf-converter-integrator is an easy way to open Microsoft Office 2007 files (also called Office Open XML, .docx, .xlsx, and .pptx) with a high-quality conversion on any Linux or Windows system in any OpenOffice.org.

odf-converter-integrator uses the high-quality odf-converter code (which converts between Office Open XML and OpenDocument) as packaged by Novell and integrates it into the operating system. That means when you click on a .docx/.xlsx/.pptx file on a web page, in an email attachment, or your desktop, odf-converter-integrator springs into action, converts the .docx/.xlsx/.pptx to an .odt/.ods/.odp, and then automatically opens the new document in OpenOffice.org, StarOffice, Abiword, KWord, Gnumeric, Microsoft Office 2003, or whatever is your default ODF editor.

odf-converter-integrator is simply a little glue to overcomes the integration limitation of the Novell odf-converter, which cannot integrate into most editions of OpenOffice.org (such as the vanilla/Sun Microsystems edition, Fedora, OxygenOffice, and others).

**/ End of Abstract

Demikian sekilas infoLinux.
Mudah2an bermanfaat dan mohon ma'af bagi yang sudah menggunakannya.


Wassalamu 'alaikum wrwb.,

Heru Sukoco
-----------------

Tidak ada komentar: